Teknologi 5G Internet SUPER NGEBUT

0
94
Teknologi 5G Indonesia
Loading...

Konektivitas jaringan teknologi 5G. Pastinya anda para netizen sudah pada tau kalau kedepannya akan hadir teknologi 5G. Anda pasti juga sudah tidak sabar menantikan peluncuran teknologi 5G. Baik, saatnya kita bahas mengenai teknologi 5G ini.

Teknologi 5G

Teknologi 5G

5G adalah teknologi perkembangan jaringan terbaru yang dibuat untuk merombak dan menyempurnakan jaringan teknologi 4G.
Dalam teknologi 5G data akan dikirim melalui gelombang radio. Gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda.

Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical, sinyal navigasi maritim, siaran televisi dan mobile data. Teknologi 5G akan mengalami peningkatan kualitas yang cukup tajam dalam jumlah data yang dikirim melalui sistem jaringan nirkabel, hal itu dikarenakan teknologi 5G mempunyai lebih banyak bandwidth serta teknologi antena yang super canggih sehingga mendukung lebih banyak perangkat yang dapat saling terhubung secara multi tasking dengan latensi yang lebih sedikit.

Keunggulan Teknologi 5G

Teknologi 5G Internet SUPER NGEBUT 1

Teknolgi 5G memiliki beberapa keunggulan terutama keunggulan pada tingkat kecepatan akses data nantinya teknologi 5G akan memiliki kecepatan 800Gbps atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan sebelumnya.

Dengan kecepatan itu teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film high definition dalam beberapa detik. layanan yang telah ada dan akan diadopsi ke layanan – layanan baru yang lebih update. Layanan baru tersebut terbagi menjadi tiga kategori besar, yaitu enhanced Mobile BroadBand, ultra-Reliable and Low Latency Communications, dan massive Internet of Things.

Kekurangan Teknologi 5G

Meskipun teknologi 5G dirancang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terutama dalam bidang infrastruktur dan permasalahan dalam dunia seluler, teknologi 5G juga memiliki beberapa alasan alasan yang membuat teknologi 5G memiliki beberapa kekurangan, kekurangan pada teknologi 5G antara lain adalah sebagai berikut:

  • Teknologi 5G masih dalam proses pengembangan dan penelitian tentang viabilitasnya sedang berlangsung, kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan penelitian tersebut.
  • Kecepatan teknologi yang sangat cepat tampaknya akan sulit diwujudkan di negara-negara berkembang, hal itu dikarenakan sulitnya ketersediaan biaya dan infrastruktur yang mendukung penggunaan teknologi 5G.
  • Banyak perangkat lama yang sudah tidak support dengan teknologi 5G, oleh karena itu semua perangkat yang sudah tidak sesuai harus diganti dengan perangkat baru yang dapat mendukung teknologi 5G.
  • Isu keamanan dan privasi yang harus dipecahkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna 5G, oleh karena itu pihak pengembang harus membuat security system yang dapat melindungi perangkat 5G dari segala macam gangguan dan yang pasti membutuhkan biaya yang besar.

Launching Teknologi 5G di Indonesia

Untuk saat ini beberapa negara dan vendor teknologi sudah melakukan uji coba teknologi 5G beberapa negara seperti Amerika Serikat, negara di benua Eropa dan sebagian negara Asia sudah merilis teknologi 5G sejak akhir tahun 2018. Produsen chipset Qualcomm telah melakukan uji coba dengan mengikutsertakan 18 operator mobile dari berbagai negara yang siap menguji teknologi jaringan 5G menggunakan perangkat Qualcomm’s X50 5G modem.

Nama vendor teknologi terkenal seperti AT&T, British Telecom, China Mobile, Deutsche Telekom, LG Uplus, NTT Docomo, dan Verizon Wireless adalah beberapa vendor yang ikut serta dalam partisipasi pengujian 5G dengan modem Qualcomm’s X50 5G pada akhir tahun 2018 lalu.

5G Indonesia Kapan?

Di indonesia sendiri teknologi 5G sudah dilakukan uji coba pada tahun 2018 lalu, tiga vendor ternama di indonesia Xl, Indosat dan Telkomsel berlomba– lomba memberikan pelayanan terbaiknya mengenai teknologi 5G kepada para konsumen. Uji teknologi 5G dilakukan Telkomsel dengan menampilkan mobil otonom atau mobil yang berjalan tanpa sopir dalam ajang Asian Games2018. Sedangkan XL memamerkan teknologi 5G lewat pengalaman cepatnya internetan untuk meningkatkan pelayanan publik. Yang terbaru adalah uji coba teknologi 5G yang dilakukan Indosat dan Ericsson, yang mampu mencapai kecepatan 10 Gbps.

Namun teknologi 5G baru bisa dinikmati secara  global oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2022 hal ini dikarenakan sulitnya proses perizinan dan kualitas infrastruktur yang kurang memadai.

Baca Juga: Ini Dia 5 VPN Terbaik 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here