Cara mengganti password wifi rumah
Loading...

Cara mengganti password WiFi rumah sangat lah mudah. WiFi yang seringkali dibaca “Wai-Fi”, “Wai-Fai”, merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi sudah lama digunakan sebagai salah satu perantara koneksi internet selain menggunakan kabel (LAN) yang lebih dulu hadir. Baik WiFi, maupun koneksi LAN sama-sama terhubung ke suatu terminal yang disebut Router. Dari Router ini lah akses pengguna diatur dan juga dengan router ini, maka kita dapat menerapkan password untuk jaringan WiFi.

Cara mengganti password WiFi seringkali ditanyakan oleh banyak orang dikarenakan banyaknya jenis router dan juga ketidakpahaman. Biasanya password dirubah oleh teknisi yang meminta password yang diinginkan oleh pemiliki WiFi tanpa pengguna mengetahui bagaimana caranya untuk mengganti password/kata sandi WiFi rumah mereka sendiri. Mari simak cara mengganti password wifi rumah anda di bawah ini dengan teliti!

Demi keamanan kami menyarankan anda untuk mengganti password Wifi anda sebulan sekali

Tepika.id

Cara Mengganti Password WiFi Rumah

  1. Hubungkan perangkat Laptop/PC anda ke WiFi yang ingin anda ganti password/kata sandinya.
    • Ketahui merk dari router WiFi anda juga.
  2. Setelah terhubung, maka langkah selanjutnya buka browser anda. Disarankan Google Chrome.
  3. Lalu langkah ketiga ketikkan alamat IP default router anda (Default: 192.168.1.1)
    • Note: Tiap router bisa saja berbeda!
    • IP Default bisa dilihat di router anda sendiri.
    • Tampilan pada gambar di bawah bisa berbeda-beda tergatung router.
  4. Setelah masuk klik pada bagian Network.
  5. Klik pada bagian Security.
    • Ganti password/kata sandi yang anda inginkan (lihat gambar kedua untuk lebih jelasnya).
  6. Setelah yakin untuk password baru anda, maka langkah terakhir klik submit. Selesai, tunggu 1-3 menit router akan me-restart otomatis.
Cara mengganti password WiFi rumah
  • Isikan Username & Password (Default: Admin & Admin, User & User). Lalu klik login.
Cara ganti password wifi
Cara mudah mengganti password wifi

Setelah anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar, maka anda telah berhasil mengganti kata sandi WiFi anda. Cara di atas tidak hanya bisa diterapkan pada router WiFi, tetapi juga bisa anda terapkan pada perangkat Mobile Hotspot (MiFi).

Cara-cara di atas juga tidak hanya bekerja pada perngkat ZTE, tetapi hampir semua perangkat menggunakan cara-cara yang sama, walau memang mungkin terdapat sedikit perbedaan saja.

Ganti Password WiFi Penting?

Anda mungkin bertanya seberapa penting kah kata sandi WiFi untuk diganti? Jika kita berikan pengibaratan, maka password WiFi sama seperti pintu rumah yang setiap saat dibuka-tutup dan lama-kelamaan engsel pintu dapat rusak dan orang tak dikenal pun dapat masuk rumah dengan mudah. Nah, maka sama seperti itu lah pentingnya password wifi untuk diganti berkala. Kami menyarankan anda untuk mengganti password WiFi anda minimal sebulan sekali.

Akibat Tidak Mengganti Password WiFi

Dan bagi anda yang masih saja menganggap sepele mengenai hal ini, maka anda perlu membaca artikel ini sampai akhir. Tidak semua provider internet WiFi yang anda gunakan benar-benar memberikan anda akses penuh tanpa batas untuk berselancar di internet. Terdapat beberapa provider seperti Indihome yang memberikan penggunanya kuota FUP yang dimana jika kuota tersebut habis, maka kecepatan internet anda akan berkurang 20%-30%.

Lalu apa hubungannya? Tentu saja hal ini berhubungan dan dapat merugikan anda selaku pemilik. Jika orang tak dikenal dapat menggunakan WiFi anda dan menghabiskan kuota FUP anda tentu saja ini sangat disayangkan. Belum lagi masalah keamanan jaringan anda, bila saja dapat diakses oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu lah pentingnya untuk mengganti password/kata sandi WiFi anda secara berkala dan untuk tidak membagikannya ke sembarang orang.

Kesimpulan

Cara mengganti password WiFi sangtlah mudah. Hampir semua jenis router memiliki cara yang sama seperti cara-cara di atas. Dan perlu anda ketahui bahwa passowrd WiFi sangatlah penting untuk dijaga. Untuk menjaga kemanan, maka disarankan untuk mengganti password/kata sandi dengan berkala. Jika terjadi kendala terhadap router anda, maka kami sarankan untuk menelpon teknisi dari provider anda masing-masing. Kami tidak bertanggungjawab atas kesalahan cara/tahap/langkah yang anda lakukan sehingga mengakibatkan kerusakan atau kendala pada router anda.

Baca Juga: Jenis Monitor Gaming Yang Perlu Anda Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here