Pocophone F1 vs Honor Play, Mana Yang Terbaik?

0
508
Pocophone F1 vs Honor PLay
Loading...

Pocophone F1 vs Honor Play

Pocophone F1 vs Honor Play – Menjelang akhir tahun 2018 para vendor smartphone semakin berlomba untuk mengeluarkan produk-produk terbarunya. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan pasar pada akhir tahun dan hal ini sudah menjadi rahasia umum antar produsen smartphone. Perlu diketahui, Indonesia termasuk dalam target pasar para produsen. Dengan jumlah pengguna Gadget yang terus meningkat setiap tahunnya, maka hal inilah yang menjadi alasan utama para produsen untuk menciptkan smartphone yang berkelas dan tentunya sesuai dengan budget konsumen di Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi, Fitur & Harga Asus Zenfone Max Pro M2

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Xiaomi termasuk juga dengan Huawei. Xiaomi mengeluarkan produk besutannya yang diberi nama Pocophone sedangkan untuk Huawei adalah Honor. Mungkin sebagian dari anda sudah familiar dengan Honor, tetapi tidak dengan Pocophone. Hal ini dapat dimaklumi karena untuk Pocophone besutan Xiaomi ini baru saja dikeluarkan pada tanggal 22 Agustus 2018 dengan produk perdananya “Pocophone F1”. Tidak ingin kalah saing, maka dari itu Honor mengeluarkan produk terbaru “Honor Play” . Lalu bagaimana dengan perbandingannya? Mari kita kupas satu per satu.

1. Material

Mungkin bagi sebagian orang yang sangat memperhatikan segi tampilan akan lebih condong untuk memilih Honor Play dikarenakan penggunaan metal dan disamping itu designnya yang terlihat mewah dan berkelas. Sedangkan Pocophone menggunakan bahan plastik yang sering digunakan untuk smartphone harga 2 jutaan pada Xiaomi, tetapi terdapat hal-hal yang tidak dapat dikesampingkan dari Pocophone F1 ini.

2. Layar

Bagian antar muka kedua samrtphone ini sama-sama mengadopsi model smartphone zaman sekarang dengan hadirnya notch atau yang lebih dikenal “poni”. Untuk bagian layar kedua smartphone ini menerapkan jenis layar yang sama, yakni tipe panel IPS. Pocophone F1 memiliki ukuran layar 6,18 inch dengan resolusi 2246 x 1080px dengan kerapatan layar 403 ppi (pixel per inch). Sedangkan Honor Play memiliki ukuran layar 6,3 inch, lebih besar sedikit dengan Pocophone F1, resolusi 2340 x 1080px dengan kerapatan layar 409 ppi.

3. Dapur Pacu

Lalu untuk bagian ini , mungkin menjadi pertimbangan pertama oleh para gamer. Dengan perkembangan game yang ada, maka tak jarang ditemukan game-game berat yang hanya dapat dijalankan dengan spesifikasi minimum tertentu. Mengacu pada gsmarena.com spesifikasi dapur pacu yang digunakan Pocophone F1  , yakni menggunakan Chipset Snapdargon 845, GPU Adreno 630 dan Baterai sebesar 4000 mAh dengan dibekali teknologi Quick Charge 3.0. Terdapat 2 var penyimpanan internal 64 Gb dan 128 Gb dengan kapasitas RAM yang sama 6Gb.  Sedangkan untuk Honor Play menggunakan Chipset ciptaan Huawei yakni Kirin 970, GPU Mali-G72, dan kapasitas baterai 3750 mAh yang menggunakan Fast Charging. Terdapat 2 varian juga untuk Honor Play 4/6 Gb RAM dengan penyimpanan internal 64 Gb yang dapat diperluas hingga 256 Gb menggunakan Micro SD.  Untuk masalah dapur pacu ini, Pocophone F1 dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan Honor Play.

4. Fitur

Untuk bagi fitur mungkin tidak jauh berbeda antara kedua smartphone ini. Adanya sensor Fingerprint, gyroscopr, proximity, dan kompas. Dan yang baru-baru ini adalah Face Unlock yang juga ada pada kedua smartphone ini. Tetapi dibalik itu semua tetap saja ada beberapa bagian yang berbeda dan memiliki keunggulannya masing-masing. Pocophone F1 memiliki fitur andalan yakni liquid Cooling yang sangat cocok sekali digunakan untuk bermain game atau menjalankan aplikasi-aplikasi berat dengan adanya fitur ini para pengguna tidak merasakan panas smartphone yang berlebihan. Lalu apa fitur unggulan Honor Play? tidak terlepas dari namanya “play” yang berarti “bermain”, maka Honor Play tidak luput menerapkan fitur penunjang disaat bermain game. GPU Turbo adalah fitur unggulan dari Honor Play dengan adanya fitur ini, maka hal-hal seperti FPS Drop, Lag tidak terjadi berkat bantuan fitur ini.

5. Kamera

Kamera siapa yang lebih baik? Untuk menjawab pertanyaan ini alangkah lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu spesifikasi kamera yagn diterapkan. Perlu anda ketahui, bahwa kedua smartphone ini sudah menggunakan Dual Camera seperti layaknya smartphone baru tahun ini. Pocophone F1 menerapkan kamera sensor Sony 12 MP (f 1.9) dan 5 MP (f 2.0) sedangkan untuk kamera bagian depan menggunakan 20 MP (f 2.0) dengan hal ini Pocophone mampu mengambil video 1080@30Fps sedangkan resolusi tangkapan kamera hingga 4K. Sedangkan untuk Honor Play menggunakan 16 MP (f 2.2 ) dan 2 MP ( f 2.4) untuk bagian belakang, sedangkan untuk bagian kamera depan menggunakan 16 MP (f 2.0) Honor Play juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p@30Fps.

Sekedar info tambahan untuk Pocophone F1, terdapat kamera infra merah pada bagian depan yang berfungsi sebagai Face Unlock sehingga lebih akurat dalam menangkap setiap sudut wajah, tetapi tidak memiliki sensor infra merah yang biasanya ada pada Xiaomi. Sedangkan Honor Play memiliki sensor Infra merah yang dapat digunakan untuk menyalakan peralatan eletronik seperti TV, AC, dll.

Pocophone F1
Pocophone F1
Sumber: digitaltrends.com
Honor PLay
HONOR PLAY
Sumber: androidauthority.com

Harga

Lalu bagaimana dengan harga? Untuk Pocophone F1 rentang harga Rp 4,4 – 5 juta, sedangkan Honor Play 3,9 – 4,5 juta. Harga mungkin berbeda-beda dan dapat berubah sesuai dengan permintaan pasar smartphone.

PENTING! Honor menyatakan bahwa Smartphone Honor Play tidak akan masuk kedalam pasar smartphone Indonesia, tapi anda dapat membelinya melalui agent distributor atau toko-toko online lainnya.

Jadi mana yang anda pilih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here