Petisi Tangkap Amien Rais Dan Prabowo Muncul, Masyarakat: Dalang Aksi 22 Mei

0
301
Petisi tangkap Amien Rais dan Prabowo
Loading...

Jakarta, 26 Mei Petisi Tangkap Amien Rais dan Prabowo viral di sosial media. Setelah KPU menggelar konferensi pers mengenai hasil resmi perolehan suara pada tanggal 21 Mei lalu. Dalam rekapitulasi suara akhir tersebut menyatakan bahwa paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memenangkan Pemilu 2019. Perolehan suara yang diraih Jokowi-Ma’ruf Amin 55.33% sedangkan untuk paslon 02 Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 44.67% terlihat dihalaman resmi kpu.go.id.

Setelah KPU resmi mengumumkan hasil perolehan suara tersebut banyak masyarakat yang menyatakan bahwa KPU memanipulasi data. Banyak pihak terutama dari paslon 02 yang menyatakan bahwa paslon 01 menang dengan kecurangan. Tak lama pasca pengumuman Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais bersama dengan parpol pengusung Prabowo-Sandiaga Uno meyuarakan gerakan “People Power”.

Seperti yang diketahui aksi 22 mei lalu diwarnai dengan tidakan anarkis massa yang berujung pada bentrok massa dengan pasukan pengaman TNI & POLRI. Kejadian ini menewaskan enam orang massa. Kejadian ini juga merusak fasilitas umum yang berada diwilayah Petamburan dan Slipi, Jakarta Barat.

Sumber: Viva.co.id

Masyarakat beranggapan bahwa aksi ini ditunggangi oleh paslon 02 beserta dengan partai oposisinya. Kemudian sosial media Instagram dipenuhi #tangkapamienrais dan juga #tangkapprabowo tak lama pasca aksi 22 Mei kemarin. Politikus partai PDIP, Dewi Tanjung melaporkan Amien Rais dengan dugaan Makar dan tak hanya itu ia juga melaporkan Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

“Kami melaporkan Prabowo dan kawan-kawannya, salah satunya ada Fadli Zon, Amien Rais, dan Fahri Hamzah, terkait insiden di Sarinah kemarin, demo di depan Bawaslu kemarin. Ricuh, ya. Ada perampasan dan penjarahan di warung-warung. Kebetulan saya sama tim kuasa hukum saya lagi di lokasi (kericuhan),” kata Dewi Tanjung saat tiba di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (25/5/2019).

Tak hanya itu masyarakat juga merasa sangat dirugikan karena akibat dari aksi tersebut pemerintah memblokir akses sosial media dengan tujuan mencegah berita palsu (HOAX) beredar di masyarakat. Setelah kembalinya akses sosial media, sosial media ramai-ramai menyerukan penangkapan terhadap Amien Rais dan Prabowo.

Perlawanan terhadap Amien Rais dan Prabowo juga muncul di halaman Change.org dengan dua judul berbeda “Tangkap Prabowo dan Amin Rais” dan “Dukung PORLI Tangkap Amin Rais” petisi ini juga sudah menembus 20.000 tanda tangan. Masyarakat menilai bahwa Amien Rais hanya bisa memprovokasi massa dan tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Daftar Mobil Offroad Terbaik 2019, No 5 Paling Mahal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here